English French Germany Spain Italian Netherlands Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Croatian Danish
Powered By google

Pantau Gempa Bumi di Seluruh Dunia Secara Real Time

Jakarta - Indonesia terletak di jalur cincin gempa sehingga rawan mengalami gempa. Akhir-akhir ini, serangkaian gempa berkekuatan besar mengguncang sejumlah wilayah di tanah air. Misalnya, gempa berkekuatan 7,6 SR yang meluluhlantakkan Padang, Sumatera Barat bulan September lalu. Gempa yang  melanda Ranah Minang ini telah merenggut banyak korban jiwa. Selain itu banyak pula orang yang harus kehilangan harta bendanya.

Selain di Padang, gempa juga terjadi di wilayah Indonesia lainnya. Seperti di Tasikmalaya, Sukabumi, Maluku dan sebagainya. Bahkan  disadari atau tidak, sejumlah gempa kecil sering 'menggelitik' wilayah-wilayah lain di sekitar kita. Melalui internet, kita bisa ikut memantau pusat gempa. Tidak perlu alat canggih, cukup memanfaatkan sebuah add on gratisan untuk browser  Mozilla Firefox.

Dengan add on bernama eQuake Alert ini, kita dapat mengetahui dimana gempa sedang terjadi. Tidak hanya untuk wilayah Indonesia, eQuake juga  akan menampilkan aktivitas gempa di seluruh dunia. eQuake akan menginformasikan kepada para penggunanya jika sedang terjadi  gempa, baik tanggal kejadian, lokasi maupun besarnya gempa tersebut. Uniknya, jendela browser akan bergoyang seketika saat gempa baru saja terjadi.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui situs resmi Mozilla. Setelah didownload,  restart browser Mozilla Firefox untuk mengaktifkan add on tersebut. Setelah berhasil ter-install pada Firefox, informasi gempa pun akan  muncul di bagian kanan bawah browser pengguna.

Tentunya untuk dapat mengakses peta informasi bencana Sumatera Barat dan  bisa memantau gempa di seluruh dunia dengan add on eQuake Alert ini  diperlukan piranti yang mumpuni. Salah satu pilihan yang dapat  diandalkan adalah paket netbook plus koneksi berbasis CDMA 2000 1xRev.A pada frekuensi 1900 MHz dari operator Smart Telecom. Netbook seharga 4 jutaan itu itu sudah mencakup prosesor Atom N270 1.6 GHz, RAM 1 GB dan lisensi Windows XP Home Edition orisinal.

Sedangkan koneksinya adalah teknologi 3.5G CDMA dengan kecepatan download hingga 3.1 Mbps dan upload hingga 1.8 Mbps. Makin asyik lagi, Smart juga menyediakan bonus koneksi Unlimited 100 hari untuk  pembelian paket Netbook itu. Alhasil dengan Smart, Anda bisa terus memantau  peristiwa gempa di seluruh dunia.

 Sumber : http://www.detiknews.com

pagerank search engine optimization
Bagikan

Artikel Terkait



Loading search...

2 komentar:

Lulus Sutopo said...

Hati2 kita perlu instropeksi diri..
Alam harus kita Jaga..

Rido Wicaxono/Paidi/Alex/Sinyodendi/Cak-So said...

Artikel anda bagus sekali

Terimakasih, blog ini bagus sekali dan sangat membantu pengetahuan saya.
trim

Aplikasi blackberry OTA
http://ridobb.blogspot.com

Post a Comment