English French Germany Spain Italian Netherlands Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Croatian Danish
Powered By google

Indonesia Bersiap Meluncuran Satelit Indostar II

Satelit Indostar II yang akan diluncurkan 16 Mei 2009.

Satelit Indostar II dipastikan akan meluncur pada pekan ini, selain manajemen MNC Skyvision, Dirjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) dipastikan akan menghadiri peluncuran ini. Peluncuran satelit Indostar II dipastikan akan dilakukan besok, Sabtu (16/5/2009), tepat pukul 6.58 waktu Baikonur atau 7.58 waktu Indonesia Bagian Barat.

Kepastian kabar ini disampaikan Aria Mahendra Sinulingga, Corporate Secretary Indovision. Dia mengatakan persiapan peluncuran sudah sangat baik dan sejauh ini tidak menemui kendala apapun.

Head of Marketing Product & PR Department, PT MNC Sky Vision, Asri Winnie Sularto, menuturkan eksekusi peluncurannya akan berlangsung pukul 06.58 waktu Boikonur atau 07.58 WIB, Sabtu (16/5/2009.

Sementara itu Tim MNC SkyVision telah mendarat di bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia untuk melihat langsung peluncuran Satelit Indostar II. Tim yang dipimpin oleh Corporate Secretary Indovision Arya Mahendra dan beberapa manajemen Indovison lainnya dipastikan akan menghadiri peluncuran tersebut bersama Dirjen SKDI Freddy Tulung dan dua dekan dari universitas ternama, UI dan ITB. Tim dari Indonesia akan berangkat ke Boikonur dari bandara Sheremetyevo, Moskow, untuk menyaksikan secara langsung peluncurannya besok pagi," ujarnya pada Jumat (15/5/2009.


Dirjen SKDI Freddy Tulung dan tim MNC Skyvision di Bandara Sheremetyevo, Moskow

Sebelumnya tim Boeing telah melakukan tes terhadap satelit tersebut, dan kemudian bergabung bekerja sama dengan tim Khrunichev, pabrik pembuat Proton M. Pada 30 April 2009, tim dari Roskosmos menyatukan satelit dan adaptor dengan Breeze-M.

Peluncuran satelit Indostar II mengunakan Roket Brezze M yang dibuat oleh Khrunichev State Research di Moskow dengan biaya pembuatan dan peluncuran satelit ini menelan US$ 300 juta. Rencananya Indostar II akan meluncur dari stasiun luar angkasa milik Rusia, Baikonur di Kazakhstan, tepat pada pukul 07.58 WIB atau pukul 06.58 waktu Kazakhstan. Satelit buatan Boeing model BS 601 HP ini menyediakan layanan komunikasi dua arah dengan kecepatan tinggi untuk jasa internet, data, suara, video dan multimedia.

Indostar II (Protostar II) akan menggantikan satelit Indostar I. Dari 32 transponder yang dimiliki, 10 transponder aktif dan 3 transponder cadangan akan difungsikan sebagai penguat gelombang frekuensi S-Band untuk menyediakan jasa layanan penyiaran langsung ke rumah-rumah atau (Direct-To-Home/DTH) oleh MNC Sky Vision. Indostar II akan memiliki kapasitas dua kali lebih banyak daripada Indostar I. Dengan penambahan ini, yang tadinya hanya memiliki 60 channel akan bertambah menjadi 120-150 channel. Indostar II juga menggunakan frekuensi KU-Band, didesain untuk DTH dan layanan telekomunikasi untuk di India. Kemudian, transponder KU-Band lainnya digunakan untuk akses kecepatan tinggi untuk jasa internet, data, suara, video, dan multimedia yang dapat menjangkau Indonesia, India, Filipina, dan Taiwan.

Satelit Indostar II merupakan satu-satunya satelit yang dimiliki PT. MNC Sky Vision, sebuah perusahaan ternama di Indonesia(RCTI, TPI, Global TV dan Indovision) satu pemegang saham nya adalah Rudy Tanoesoedibyo (Dirut MNC) dan merupakan satelit jenis S-Band terbesar di dunia. China memang sudah merencanakan untuk meluncurkan yang lebih besar, tapi sekarang masih dalam tahap pembuatan.

Source : detikinet.com, okezone.com
pagerank search engine optimization
Bagikan

Artikel Terkait



Loading search...

8 komentar:

kakara said...

kapan ya kita bisa meluncurkan setelit sendiri ?...
TFS frenz :)

Arriful Affandy said...

@ kakara
Mungkin sebentar lagi bung, kita akan meluncurkan sateli buatan kita sendiri dan peluncurannya di negara kita. Pasti anak2 bangsa kita bisa melakukannya.

idotkontji said...

nice post arif... doakan indonesia maju dan berkembang dalam pertelekomunikasian... :D

ubuh said...

saya dengar dengar indonesia mau pasang kabel optik bawah laut surabaya-hongkong.. Kalau itu mank benar, kemajuan teknologi menyambut indonesia.. internet bakal ga se lemot sekarang..

suwung said...

kepunyaan indonesia ya? sip deh

orangndut said...

Maju terus Indonesia. Moga2 sarana telekomunikasi di negeri ini makin maju dan lebih baik lagi.

Rasau Hijau said...

Wahhh..Indostar Kepunyaan Indonesia ya..??

iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia said...

KEREN sobbbbbbbbbbbbbb MANTAFFF ARTIKELNYA

Post a Comment